Evaluasi Hasil Workshop Pelaksanaan Input Data Aplikasi BANGKOM) PNS Pemprov Jabar

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 24 Oktober 2019 21:30 | Dibaca : 113


Kepala Bidang Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan Edy Heryadi membuka Kegiatan Evaluasi Hasil Workshop Pelaksanaan Input Data Aplikasi Pengembangan Kompetensi (BANGKOM) PNS Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang  dilaksanakan dari tanggal 23 s.d 25 Oktober 2019 bertempat di Le Eminence  Puncak Hotel Conventional dan Resort. (24/10) Kegiatan ini diikuti oleh para Pengelola Simpeg Perangkat Daerah di Jawa Barat sebanyak 48 Orang.

Pada Tahun 2018, Lembaga Administrasi Negara telah membuat aplikasi Bangkom dan Provinsi Jawa Barat telah mengimplementasikannya bahkan dapat dikatakan sebagai pionir penerapan aplikasi ini. Dalam perjalanannya aplikasi ini belum memadai untuk menghitung kesenjangan kompetensi PNS karena dari keempat kompetensi Yaitu Kompetensi Manajerial, Teknis Dan Sosial Kultural Serta Khusus Untuk Aparatur Daerah Ditambah Kompetensi Pemerintahan yang harus dipenuhi baru tersedia Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural. Pada tahun 2019, BPSDM Provinsi Jawa Barat melakukan replikasi dan modifikasi terhadap sistem tersebut dengan menambahkan beberapa fitur seperti penambahan kompetensi teknis dan pemerintahan, aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses dimana saja dan fitur lainnya, Ujar Edy.

Edy juga menjelaskan tujuan Aplikasi ini untuk mengukur kesenjangan kompetensi PNS di Provinsi Jawa Barat, sehingga ke depan pengisian input aplikasi segera dituntaskan sebagai bahan untuk pengukuran dan pemetaan kompetensi PNS dan  bahan peningkatan Bangkom PNS  lebih terarah sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing PNS. Pengusulan rencana Bangkom baik  Bangkom Manajerial, Teknis Umum dan Bangkom Teknis Substantif serta Fungsional harus betul diisi dengan lengkap dan sesuai kebutuhan perangkat daerah dan PNS sehingga ke depan akan lebih dikembangkan Bangkom Teknis Umum dan Teknis Substantif untuk mendorong capaian penilaian, capaian reformasi birokrasi, khusus utk pengembangan kompetensi teknis substantif dan untuk pencapaian program unggulan atau program juara. Salah satu Narasumber kegiatan ini yaitu Widyaiswara Baban Sobandi memberikan Materi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN dalam kerangka Merit.(A.B)

 

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT