ASDA Administrasi buka Orientasi DPRD Gelombang III

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 22 Oktober 2019 15:34 | Dibaca : 63


Asisten Administrasi Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Abdurachim  didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Muhamad Solihin membuka secara resmi Orientasi Anggota DPRD kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Periode 2019 – 2024 Gelombang III Angkatan VII, VIII dan IX di Aula BPSDM Provinsi Jawa Barat. (22/10)

Tujuan Kegiatan ini adalah memperkenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur Penyelenggara Pemerintahan Daerah, Meningkatkan semangat pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Meningkatkan   pemahaman  tentang  ideologi Negara, Konstitusi, semangat patriottisme dan wawasan kebangsaan. Peserta Orientasi gelombang III sebanyak 201 Orang terdiri dari Kota bandung 27 orang, Kota Sukabumi 16 orang, Kota Cimahi 23 Orang, Kota Bogor 24 orang, Kota Bekasi 21 Orang, Kota banjar 13 orang, Kota Tasikmalaya 30 orang, Kota Depok 31 Orang dan Kota Cirebon 16 orang, kegiatan akan dilaksanakan dari tanggal 21 s.d 24 Oktober 2019, Ujar Solihin.

Lembaga perwakilan rakyat daerah yang telah dibentuk pada tiap tingkatan pemerintahan daerah untuk masing-masing Provinsi Kabupaten dan Kota adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). DPRD memiliki peran  mewakili seluruh lapisan masyarakat dalam pemerintahan daerah sesuai dengan UU No. 9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah, DPRD kabupaten dan kota terdiri dari anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum. DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah. DPRD mempunyai tiga fungsi yaitu fungsi membentuk peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah dalam melaksanakan fungsi tersebut, DPRD menjaring aspirasi masyarakat, Ucap Daud.

DPRD sebagai lembaga yang  mewakili rakyat tentunya memiliki tugas, wewenang dan fungsi khusus dalam melaksanakan segala tugasnya, ada hak - hak DPRD yang melekat baik kepada lembaganya maupun kepada setiap anggotanya. Selain itu ada juga kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap anggota DPRD sebagai bentuk pertanggungjawaban. Tugas – tugas yang akan diemban oleh segenap anggota dprd kedepan, tentunya membutuhkan sikap dan etos kerja yang lebih professional dan berdedikasi tinggi, terutama dalam melahirkan kebijakan - kebijakan publik yang cerdas, berkeadilan, dan berorientasi kepada kepentingan rakyat. oleh karena itu peningkatan pengembangan kualitas sumber daya manusia (sdm), merupakan sebuah tuntutan dan kebutuhan yang tak terelakkan dan harus di ditingkatkan mengikuti perubahan jaman, terutama menyikapi langkah – langkah kebijakkan pemerintah pusat yang terus melahirkan peraturan perundang-undangan yang baru. Untuk itu DPRD yang mempunyai 3 pilar fungsi yaitu pengawasan, legeslasi dan anggaran, dituntut untuk dapat mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kinerjanya secara lebih optimal, terutama dalam kerangka ikut menciptakan tata kepemerintahan yang baik (good governance) serta mewujudkan pemerintahan yang bersih atau clean governance, uap Daud.

Daud menegaskan “Orientasi bagi anggota DPRD dilakukan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah/janji anggota dprd dan merupakan salah satu syarat bagi anggota dprd untuk mengikuti enam kegiatan/bimtek pendalam tugas bagi anggota DPRD kedepan.

Dudi berharap DPRD sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pemerintahan daerah dengan kita semua dapat lebih memacu spirit bekerja bersinergi dengan pemerintah daerah, untuk  mendorong percepatan pembangunan, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta Dudi mengucapkan selamat atas terpilihnya saudara-saudara sebagai anggota DPRD dan selamat mengikuti orientasi.(A.B)

 

 

 

 

 

 

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT