Kepala BPSDM buka DTS Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Pemprov Jabar

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 17 Oktober 2019 14:17 | Dibaca : 45


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Muhamad Solihin didampingi Kepala Disdukcapil dan Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Substantif membuka Diklat Administrasi Kependudukan Catatan Sipil Pemerintah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat di Ballroom BPSDM Provinsi Jawa Barat. (15/10)
Darajatun selaku penyelenggara menyampaikan tujuan diklat ini untuk membentuk sosok aparatur pemerintah yang mampu mengelola administrasi kependudukan dan catatan sipil secara profesional sehingga dapat mencapai tujuan diklat yang telah ditetapkan, adapun sasaran diklat ini yaitu terwujudnya sosok aparatur pengelola administrasi kependudukan dan catatan sipil yang berkualitas, kompeten dan profesional. Diklat ini diikuti sebanyak 25 peserta yang akan dilaksankan dari tanggal 14 s.d 26 Oktober 2019. 
UU No. 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dimana administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban, dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, Pemerintahan dan pembangunan sektor lain dan catatan sipil adalah suatu lembaga milik negara yang memiliki tugas utama untuk melalukan pencatatan, pendaftaran serta pembukuan yang selengkap lengkapnya dan sejelas-jelasnya serta memberi kepastian hukum yang sebesar besarnya terhadap peristiwa kelahiran, kematian, perkawinan dan perceraian seseorang.
Solihin menyampaikan melalui diklat yang akan diikuti memiliki nilai yang sangat penting dan strategis dalam kerangka meningkatkan kualitas sumber daya aparatur khususnya aparatur pelayanan untuk semakin mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas yang senantiasa menuntut adanya penyempurnaaan kualitas sumber daya manusia. Tantangan tugas yang dihadapi dari waktu ke waktu tidak semakin ringan namun semakin kompleks seiring dengan dinamika perkembangan arus informasi yang tidak mengenal batas dan cenderung bergerak cepat.
Akhirnya saya sampaikan apresiasi kepada semua pihak atas kerjasamanya dalam rangka terlaksananya diklat ini. Semoga diklat teknis substantif administrasi kependudukan dan catatan sipil mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme paratur di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota Se-jawa barat.
Kontribusi yang diberikan hendaknya juga harus didasarkan pada kompetensi dan keahlian yang dimiliki. Usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan keteram,pilan atas terebut ada pada BPSDM. Oleh karena itu, BPSDM terus meningkatkan pelayanannya pada ASN khususnya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan ini. Untuk itu pada kesempatan ini, saya mengharapkan agar semua peserta dapat mengikuti diklat ini dengan serius dan sungguh-singguh.(A.B)

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT