Latsar CPNS Cirebon Angkatan VII s.d. IX Berasal dari Guru SD dan SMP

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 15 Oktober 2019 13:36 | Dibaca : 78


Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Wawan Suwandi membuka secara resmi Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Negeri (CPNS) Golongan III Angkatan VII, VIII Dan IX Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon Tahun 2019 di Aula Politeknik Pos Bandung, Senin (14/10)

          Pada kesempatan tersebut Wawan menjelaskan, Latsar CPNS ini bertujuan untuk membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkarakter dan professional, bahkan di era revolusi industri 4.0 ini memaksa kita untuk mengadaptasi perubahan dunia dengan cepat, sehingga ASN harus lebih maju sekaligus sebagai ujung tombak dan mesin penggerak utama dalam menjalankan suatu pemerintahan. Manajemen sumber daya ASN, merupakan salah satu bagian penting dari pengelolaan pemerintahan negara, yang bertujuan untuk membantu serta mendukung seluruh sumber daya manusia untuk merealisasikan seluruh potensi ASN sebagai pegawai pemerintah dan sebagai warga negara.

Wawan menambahkan, Keberadaan PNS di era reformasi dan penyelenggaraan otonomi daerah (Otda), sekarang ini memiliki posisi yang sangat strategis, karena lancar tidaknya, baik buruknya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, sangat tergantung kepada kompetensi yang dimiliki ASN. Untuk menciptakan pegawai aparatur sipil negara yang kompeten, profesional dan berkualitas, selain proses rekrutmen yang baik dan benar juga diperlukan pelatihan guna meningkatkan kompetensi kepribadian, pengetahuan dan kemampuannya, sesuai dengan tuntutan persyaratan jabatan dan pekerjaannya sebagai aparatur sipil negara. Berdasarkan hal tersebut wawan berharap para peserta Latsar untuk senantiasa luruskan niat, bulatkan tekad dalam mengikuti seluruh kegiatan Latsar dengan ikhlas, karena tanpa itu semua keikutsertaan saudara dalam latsar ini akan terasa berat dan membosankan, terlebih saudara-saudara jauh dari sanak keluarga. “syukuri nikmat serta anugerah dari Allah SWT atas pengangkatan CPNS ini, ikuti kegiatan latsar ini dengan rasa penuh tanggung jawab dan disiplin sesuai dengan tata tertib yang telah ditetapkan oleh penyelenggara” tandas Wawan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon, Alex Suheriawan memaparkan, pelatihan dasar yang saudara ikuti, merupakan pra syarat beralih status menjadi PNS, dan wajib diikuti dalam masa percobaan yang waktunya telah ditentukan oleh undang- undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yaitu selama 1 tahun sejak TMT CPNS. Oleh karena itu, lanjut Alex, peserta harus sungguh-sungguh mengikutinya. Output yang dihasilkan harus maksimal yang mampu memberikan  kontribusi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon khususnya dalam membangun bidang pendidikan karena seluruhnya pada gelombang ini adalah dari CPNS Guru SD dan SMP.

Waktu pelaksanaan Latsar CPNS Golongan III pemerintah Kabupaten Cirebon Tahun 2019 Gelombang III Angkatan VII sampai dengan IX berlangsung mulai dari tanggal 13 Oktober sampai dengan 12 Desember 2019, bertempat di Politeknik pos Indonesia Jl. Sarijadi no. 54 Sari Asih Bandung. Peserta Latsar CPNS kali ini diikuti 114 pesrta yang terbagi dalam 3 angkatan dengan masing-masing angkatan berjumlah 38 peserta dari formasi CPNS umum tenaga pendidikan (Guru SD dan SMP) yang bertugas pada lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.     (A-Hen)

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT