Pj. Sekda Tutup kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kab/Kota Se-jabar Gelombang I Angkatan I, II dan III Tahun 2019

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 11 Oktober 2019 13:10 | Dibaca : 40


Pj. Sekretaris Daerah Jawa Barat Daud Achmad didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi  Jawa Barat menutup Kegiatan Orientasi Anggota DPRD kab/Kota Se-Jawa Barat Gelombang I Angkatan I, II dan III tahun 2019 di Aula BPSDM Provinsi Jawa Barat. (10/10)

Para Peserta Anggota DPRD dibekali materi agar memiliki kompetensi sebagai perpanjangan tangan atau refesentasi rakyat didaerahnya masing-masing serta mampu mendengarkan dan memahami permasalahan dan tuntutan masyarakat. Peran dan Fungsi dari DPRD serta Pemerintah Daerah sangatlah strategis untuk mewujudkan tujuan pembangunan kesejahteraan masyarakat, sinergitas antara lembaga Legislatif dan Eksekutif harus berjalan beriringan dan harmonis dalam menghasilkan produk-produk kebijakan di daerahnya yang tentu harus berpihak kepada kepentingan masyarakat.

Daud berharap kepada Bapak/Ibu Anggota DPRD Kab/Kota yang lahir dari proses demokrasi di daerahnya dapat memaknai proses pemilihan yang sakral karena rakyat sudah mempercayakan suaranya kepada Bapak/Ibu tidak hanya untuk diwakili tapi untuk diperjuangkan aspirasinya serta akan menjadi harapan baru bagi rakyat dalam perjuangan meningkatkan kesejahteraan hidupnya dalam menegakkan demokrasi hukum serta dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani.

Daud mengatakan ada 3 hal fokus pengabdian Bapak/Ibu selaku anggota DPRD.

  1. Melindungi dan memperjuangkan kepentingan rakyat melalui fungsi legalisasi DPRD.
  2. Memaksimalkan peran Bapak/Ibu pelaksanaan Bugeting/Penyusunan Anggaran yang digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.
  3. Fungsi pengawasan anggota DPRD harus dilaksanakan dengan efektif dan obyektif yang dijalankan dengan niat setulus hati demi berlangsungnya fungsi kontrol seimbang terhadap pelaksanaan tugas-tugas eksekutif.

Daud juga memberikan ucapan selamat bertugas kepada Anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 sebagai bagian dari struktur daerah ditingkat Kab/Kota serta jaga keharmonisan, sinergitas antara Legislatif dan eksekutif. (A.B)

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT