KEPALA BPSDM PROVINSI JAWA BARAT MEMBUKA PENYELENGGARAAN SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI PEJABAT FUNGSIONAL P2UPD DAN JABATAN ADMINISTRATOR LANJUTAN TAHUN ANGGARAN 2019

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 20 September 2019 16:38 | Dibaca : 124


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M. Si didampingi Inspektur Inspektorat Jendral Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr. Drs. Tumpak Haposan Simanjuntak, MA. membuka Penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi bagi Pejabat Fungsional P2UPD dan Jabatan Administrator Lanjutan di Aula BPSDM Provinsi Jawa Barat. (9/20).

Kaban BPSDM menyampaikan Kegiatan Uji Kompetensi menjadi syarat pengangkatan Jabatan Fungsional karena Jabatan Fungsional memerlukan keahlian yang spesifik. Bagi ASN, Uji Kompetensi merupakan wujud pengakuan negara terhadap kompetensi yang dimiliki sebagai salah satu dasar untuk peningkatan karier di masa depan.

UU No. 5 tahun 2014 dan UU No. 23 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menyebutkan sertifikasi kompetensi merupakan syarat untuk menduduki jabatan  di pemerintahan. BPSDM Jawa Barat mendukung upaya Kemendagri dengan menyiapkan tahapan-tahapan uji kompetensi yang dimulai dengan sosialisasi dan diakhiri dengan uji kompetensi Jabatan Fungsional P2UPD.

Solihin berharap kegiatan uji kompetensi dapat menghasilkan output berupa pemahaman terhadap pelaksanaan sertifikasi kompetensi pemerintahan serta tersertifikasinya para pejabat fungsional P2UPD dan jabatan administrator yang kompeten dalam pemerintahan.

Sebagai penyelenggara, Drs. Edy Heryadi, M. Si menyampaikan beberapa tahapan uji kompetensi diantaranya :

1.     Verifikasi Administrasi

2.     Tes Tertulis

3.     Wawancara

(F & A.B)

 

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT