PKN Tk. II ANGKATAN XIX RESMI DITUTUP

Penulis : Administrator


Tanggal Posting : 02 November 2019 22:24 | Dibaca : 59


Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jawa Barat Daud Achmad menutup secara Resmi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN Tk. II) Angkatan XIX Tahun 2019 di Aula BPSDM Provinsi Jawa Barat. (01/11) Sebagai pejabat Eselon II Saudara dituntut untuk membuat terobosan maupun inovasi yang baru mengingat perkembangan teknologi di bidang teknologi informasi berkembang begitu pesat dimana teknologi dan inovasi terus bergerak begitu dinamis. Perkembangan teknologi tersebut membuat akses ke belahan dunia lain dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu.Untuk mewujudkan semuanya diperlukan kemampuan membangun relasi dan komunikasi, baik pimpinan, stakeholder, bawahan dan juga masyarakat luas. Daud menegaskan melalui diklat ini saudara tidak saja dipacu untuk berpikir kritis, logis dan Analitis yang bermanfaat untuk mengkaji dan mendalami masalah/situasi, namun juga diajak berpikir sintesis dan komprehensif serta memiliki kemampuan memasarkan produk inovasi yang diwujudkan melalui penugasan proyek perubahan. Daud berharap kemampuan tersebut diterapkan dalam mengemban tugas saudara kedepan.

Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 akan terjadi Disrupsi diberbagai bidang salah satunya adalah Disrupsi pada sektor Skill dan Kompetensi Teknologi. Tantangan lain Saudara sebagai seorang pemimpin dituntut untuk menerapkan tata kelola pemerintahan yang dinamis “Dynamic Government” bagaimana pengelolaan pemerintahan di kelola dengan efektifitas yang tinggi, mampu menerapkan kerangka berfikir ke depan dan berfikir di luar kebiasaan (Out Of The Box) maka dari itu, Saudara harus memiliki kemampuan adaptif terhadap pengetahuan baru yang diluar basic kemampuan atau pendidikan yang dimiliki, agar Saudara dapat mengikuti perkembangan zaman yang bertransformasi dengan cepat ini, ujar Daud.

Daud juga memberikan ucapan selamat kepada Peserta PKN Tk. II Angkatan XIX yang telah menyelesaikan seluruh rangkain kegiatan PKN semoga bekal pengetahuan dan kemampuan yang diberikan selama pelatihan bermanfaat dalam melaksanakan tugas di instansi masing-masing serta Ucapan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI atas kepercayaannya kepada Pemdaprov Jabar melalui BPSDM Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan Kegiatan PKN Tk. II Angkatan XIX tahun 2019.

Sambutan LAN RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI Basseng, menyampaikan PKN Tk.II sebelumnya tidak menggunakan nama istilah “Nasional” namun dengan kurikulum baru, pelatihan ini disempurnakan dengan sebutan Pelatihan Kepemimpinan Nasional. Kompetensi yang dibangun adalah Kompetensi kepemimpinan strategis yang memiliki kemampuan merumuskan alternatif kebijakan yang solutif guna pencapaian hasil kerja organisasi  dan kapabilitas unit kerja untuk mencapai Outcome organisasi guna menjamin akuntabilitas jabatan yang akan/telah didudukinya. Kompetensi tersebut memang diperlukan untuk terjaminnya perubahan yang dilakukan dan secara nasional diharapkan mampu dijadikan pengungkit (Leverage) guna mempercepat terwujudnya World Class Bureaucracy. Penilaian akhir PKN Tk. II mengalami perubahan bukan hanya dari Proyek Perubahan seperti Diklatpim Tk. II, sikap dan Prilaku menjadi salah satu aspek penilaian yang penting, setelah dilakukan penilaian secara menyeluruh maka sesuai yang dilaporkan khusus 5 Peringkat terbaik akan mendapatkan penghargaan.

Daftar Peserta Peringkat Terbaik

No.

Nama

Instansi

Judul Proyek Perubahan

1.

Drs. H. Fajar Kurniawan, M.Si

Pemerintah Kota Bandung

Strategi percepatan penyelesaian tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan melalui Sistem Pengawasan Terpadu (SIPETER) di Kota Bandung

2.

Ocin, S.Pd

Pemerintah Kabupaten Landak

Peningkatan Mutu Pendidikan melaui pengembangan kebijakan Regrouping Sekolah Dasar Negeri berbasis Standar Pendidikan Nasional di Kabupaten Landak.

3.

Drs. Ahmad Hariyanto, MM

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat

Strategi Pengembangan data Kependudukan terintegrasi melalui layanan End To End Sistem di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

4.

Drs. Herry Zainy Z,MM

Pemerintah Kota Cimahi

Strategi Sinergitas Pilar Ketenagakerjaan untuk mengurangi tingkatPenganguran terbuka Di Kota Cimahi melalui Sistem Link And Match (Silima)

5.

Dr. Ir. Wawan Wardiana, MT

Komisi Pemberantasan Korupsi

Peningkatan Kualitas rekomendasi stratgeis hasil kajian sistem Pengelolaan Administrasi melalui Valuasi Potensi Kerugian negara untuk mencegah tindak pidana korupsi.

Khusus untuk PKN maka alumni sampai dengan hari ini adalah 970 orang, ujar Basseng.

Dalam sambutannya Solihin melaporkan Jumlah peserta yang mengikuti PKN Tk. II Angkatan XIX sebanyak 52 peserta yang berasal dari 7 peserta Kementerian/Lembaga diantaranya Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementeran Ketenagakerjaan, dan Badan pengawas keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI dan 47 Peserta Pemerintah Ddaerah Provinsi maupun Kabupaten Koya di seluruh Indonesia diantaranya Pemda Provinsi Jambi, Pemerintah Daerah Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Lampung, Sumatera  Utara, Sulawesi Tengah dan Provinsi Riau merupakan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator.

Berdasarkan Rapat pleno Evaluasi Akhir Pelasanaaan kegiatan PKN tk. II Angkatan XIX dinyatakan LULUS Semua dan berhak mendapatkan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dengan kualifikasi sangat memuaskan sebanyak 5 Orang, memuaskan sebanyak 45 orang, dan cukup memuaskan sebnyak 2 orang, tandas Solihin. (A.B)

VISI :
"Menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berstandar Internasional Menuju Aparatur Berkelas Dunia"

LINK TERKAIT